Langkah-langkah Pembelajaran Daring oleh Guru

Di masa pandemi Covid-19 ini para guru dituntut kreatif dalam mengemas kegiatan pembelajaran harian secara daring. Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan guru sebelum, pada waktu dan setelah pembelajaran daring.

Sebelum pembelajaran
1. Menyiapkan materi pembelajaran, latihan dan penugasan yang akan diberikan ke siswa. Materi dapat di unggah di blog, media Google Classroom, Learning Management System (LMS) atau media lainnya. Pastikan guru melakukan ujicoba terlebih dahulu sebelum diakses oleh siswa.

2. Memastikan koneksi internet dapat berjalan lancar. Jika guru menggunakan video pertemuan (video meeting), pastikan terlebih dahulu video pertemuan (Google Meet, Zoom, Webex ) berjalan dengan baik tanpa kendala.

Pada waktu pembelajaran
1. Mengecek kehadiran siswa. Kehadiran siswa dapat dicek secara langsung menggunakan video pertemuan, memanfaatkan Google Classrom, LMS atau media lainnya.
2. Sampaikan materi dengan jelas, memberikan umpan balik, menanyakan kepada siswa tentang kejelasan materi, diskusi dan tanya-jawab. Jangan sampai ada kesan bahwa pembelajaran daring yang dilakukan hanya sekedar memberikan tugas tanpa umpan balik.

Setelah pembelajaran
1. Evaluasi mandiri ketercapaian materi harini, kejelasan siswa dalam menangkap materi pembelajaran, banyak sedikitnya tugas yang diberikan ke siwa.
2. Rencanakan pembelajaran berikutnya berdasarkan pelaksanaan pembelajaran hari ini.

Setelah aktivitas pembelajaran, para guru perlu membuat refleksi pembelajaran hari ini, agar dapat mengetahui kekurangan-kekurangan dalam pembelajaran sehingga dalam pembelajaran daring berikutnya menjadi lebih baik dan meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *