Inovasi Sekolah di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 telah megubah kebiasaan di dunia pendidikan menjadi kacau. Semua yang telah direncanakan akhirnya tidak dapat dilaksanakan. Guru dan siswa belajar kebiasaan-kebiasaan baru yang tidak di desain sebelumnya. Sekolah dan guru yang tidak siap dengan kondisi ini, harus berpikir keras agar dapat menyesuaikan dengan kondisi ini. Sekolah dan guru perlu menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif dan menarik dengan mengandalkan teknologi internet.

Kegiatan-kegiatan diluar sekolah yang menjadi unggulan sebuah sekolah batal dilaksanakan. Hal ini akan mengakibatkan kekhasan sebuah sekolah menjadi hilang. Dalam kondisi ini sekolah dituntut kreatif mencari peluang-peluang inovasi pembelajaran sehingga sekolah tidak akan ditinggalkan oleh para pelanggannya. Nah, kira-kira peluang inovasi seperti apakah yang perlu dilakukan sekolah?

Inovasi yang dapat dilakukan di sekolah antara lain
1. Memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen Sekolah, baik untuk pembelajaran ataupun manajemen sekolah

2. Memanfaatkan peluang yang ada, bekerjasama dengan pihak lain, utk membuat konten belajar yang menarik dalam KBM, e-library dan lain-lain

3. Menjalin seintensif mungkin relasi dengan pihak orang-tua, untuk mendukung kegiatan belajar siswa

4. Pelatihan-pelatihan dalam bidang IT untuk guru

5. Memanfaatkan KBM Daring dengan streaming sehingga KBM Daring dapat diikuti oleh

Sekali lagi, sekolah dituntut kreatif untuk menggali potensi-potensi yang dimiliki sekolah, mengembangkan secara lebih kreatif dan bijak dalam memanfaatkan peluang yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *