Formula, Fungsi dan Operator Pada Excel

Formula

Formula pada Excel merupakan persamaan Matematika untuk melakukan perhitungan nilai-nilai sehingga mendapatkan hasil yang diharapkan. Formula pada Excel membantu agar proses perhitungan dapat dilakukan dengan lebih cepat.

Formula pada Excel selalu diawali dengan tanda sama dengan (=).

 

Fungsi

Fungsi merupakan suatu bentuk formula yang dapat mengubah suatu nilai menjadi nilai lainnya melalui operasi di dalam formula tersebut.

 

Sebelum kita masuk pada fungsi-fungsi yang terdapat pada Excel, alangkah baiknya jika kita  belajar terlebih dahulu mengenai operator-operator yang terdapat pada Excel yang berguna dalam formula dan fungsi.

 

Operator Pada Excel

Seperti halnya dalam Matematika, pada Excel terdapat juga operator yang digunakan dalam formula dan fungsi. Berikut ini daftar operator yang digunakan perhitungan dasar.

Operator Pembanding Pada Excel

Operator pembanding pada Excel sama seperti operator pembanding yang terdapat di bidang Matematika. Berikut ini daftar operator pembanding.

Aturan Penulisan

Aturan penulisan fungsi dalam Excel perlu diperhatikan dengan seksama terutama jika Anda menuiskan rumus fungsi secara manual.

  • Dalam Excel penulisan huruf besar dan kecil dianggap sama atau tidak masalah.
  • Setiap kali menuliskan rumus fungsi pada Excel selalu diawali dengan tanda sama dengan (=).
  • Penulisan kurung buka dan kurung tutup digunakan untuk memudahkan analisis, menentukan mana yang dikerjakan terlebih dahulu. Penggunaan kurang buka dan kurung tutup pada prinsipnya sama ketika Anda menggunakan dalam operasi Matematika.
  • Tanda pemisah variabel menggunakan tanda koma (,) atau tanda titik koma (;) sesuai dengan pengaturan regional yang digunakan pada sistem operasi Windows Anda. Anda dapat melakukan pengaturan melalui Control Panel > Regional & Language.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *