10 Sifat Kepemimpinan yang Inovatif

Penelitian yang berjudul 10 Traits of Innovative Leaders oleh Jack Zenger dan Joseph Folkman menyimpulkan terdapat 10 sifat kepemimpinan yang inovatif.

1. Pemimpin harus unggul dalam mengaplikasi visi yang strategis
2. Pemimpin harus menciptakan iklim saling percaya
3. Pemimpin mampu menunjukkan komitmen pada organisasi dan konsumen
4. Pemimpin harus menampung dan memberikan kesempatan munculnya inovasi dari level bawah
5. Pemimpin harus terbuka dalam berkomunikasi
6. Pemimpin harus mengutamakan kecepatan
7. Pemimpin harus memiliki fokus yang kuat pada konsumen
8. Pemimpin harus mempunyai kemampuan persuasif
9. Pemimpin harus mengatur jangkauan yang baik
10. Pemimpin harus mampu menginspirasi dan memotivasi

Dari 10 sifat kepemimpinan inovatif, poin nomor 2 dan 5 merupakan sifat yang agak sulit dilakukan dalam sebuah perusahaan atau lembaga, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Banyak pemimpin yang kurang percaya dengan bawahannya, karena pengalaman buruk pernah bekerjasama, karena informasi dari pihak lain atau alasan lainnya. Pemimpin dalam bekerja harus mampu memberi kepercayaan kepada bawahannya, baik pada karyawannya yang junior sekalipun.

Banyak juga pemimpin yang mempunyai kemampuan berkomunikasi yang rendah. Akibatnya, bawahannya juga akan meniru sifat pemimpin yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Semua bawahannya dianggap sudah dapat bekerja dengan baik, dan mengandaikan semua bawahannya memahami apa yang ia pikirkan. Pemimpin yang memiliki komunikasi yang baik hendaknya dapat memberikan saran, masukan, dan motivasi pada karyawannya. Dengan komunikasi yang lancar dan baik maka kinerja perusahaan dapat meningkat dan pasti akan mencapai target perusahaan.

Sedangkan poin yang lain menurut saya, secara teknis lebih mudah untuk dilakukan.

Disarikan dari buku: Leadership Must be Innovative karangan Dr. Sopan Adrianto, SE., M.Pd. terbitan Elex Media Komputindo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *